Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Provider Internet

BUMN Indonesia – Saat ini internet sudah bisa diakses di hampir seluruh wilayah Tanah Air mulai dari kota besar hingga pedesaan. Karena sudah menjadi kebutuhan primer, penyedia internet pun semakin banyak bermunculan. Namun, pastikan untuk memilih hanya provider internet terbaik

provider internet terbaik

Tips Memilih Provider 

Setiap pelanggan pastinya menginginkan provider yang bisa memberikan internet cepat namun dengan harga wajar. Pelanggan juga membutuhkan layanan yang bagus agar dapat selalu membantu jika ada masalah atau kerusakan. Berikut tips dari Kompas.com untuk menemukan provider terbaik: 

1. Pilih yang Dekat dari Rumah 

Tidak semua provider menjangkau setiap area di negeri ini. Satu provider biasanya hanya menjangkau satu wilayah besar atau beberapa wilayah kecil di suatu daerah atau kota. Jadi langkah pertama adalah mencari tahu provider apa saja yang paling dekat dari rumah. 

Semakin dekat lokasinya, semakin mudah untuk datang ke kantornya kapan saja guna melakukan konsultasi dan mencari info lebih lanjut sebelum melakukan pemasangan. 

2. Jangan Hanya Pilih Satu Provider 

Saat mencari provider terdekat dari rumah, jangan hanya terpaku pada satu pilihan, namun buatlah daftar 2-3 provider untuk selanjutnya dibandingkan. Setiap provider memiliki spesialisasinya masing-masing, ada yang memberikan kecepatan sangat cepat, ada juga yang memiliki paket lebih murah. 

Beberapa hal yang perlu dibandingkan termasuk pilihan paket dan harga, kecepatan, biaya pemasangan dan peralatan, batas data, dan review para pelanggan. Poin-poin penting ini bisa dicari infonya secara online atau offline. 

3. Pilih Speed Sesuai Kebutuhan 

Speed (kecepatan) adalah faktor terpenting yang harus diperhatikan. Agar dapat memilih speed yang tepat, perhatikan dulu aktivitas apa yang akan dilakukan dengan internet tersebut dan berapa banyak user yang menggunakan. 

Aktivitas browsing akan membutuhkan kecepatan internet yang berbeda dengan live streaming. Aktivitas video conference juga membutuhkan speed berbeda dari bermain media sosial. Lalu semakin banyak user, maka internet yang dibutuhkan juga semakin cepat, begitu juga sebaliknya. 

Jika masih bingung atau tidak tahu speed mana yang paling cocok untuk suatu jenis aktivitas dan berapa banyak user yang akan menggunakan, mintalah saran / informasi dari masing-masing pihak provider.  

4. Cek Anggaran 

Poin ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Jangan sampai hanya memburu kecepatan namun keteteran setiap bulan untuk membayar biayanya. Namun jangan juga memilih yang termurah tapi kecepatannya tidak mumpuni. 

Jadi saat menentukan speed, perhatikan juga berapa banyak dana yang bisa digunakan untuk membayar langganan setiap bulan, lalu pilihlah speed yang bisa mengcover kebutuhan namun dengan anggaran yang tidak memberatkan. 

5. Layanan Pelanggan 

Selain mencari informasi secara mandiri, disarankan juga untuk mencari informasi langsung dari provider agar ada interaksi, bisa dengan datang ke kantor, lewat telepon, atau chat. Tanyakan semua hal yang belum dimengerti sampai jelas, dan tanyakan detail-detailnya agar tidak miss informasi.  

Saat menanyakan banyak hal ini, secara tidak langsung calon pelanggan akan tahu seperti apa layanan dari provider tersebut. Apakah ramah dan sopan, telaten, atau mungkin juga tidak sabaran dan jutek?  

Pastikan hanya memilih provider yang memiliki layanan pelanggan profesional, berpengalaman, dan handal, mengingat bahwa berlangganan internet tidak dilakukan dalam waktu sebentar namun jangka panjang. Salah satu rekomendasi provider terbaik adalah hypernet.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *