Musim Hujan Datang, Ini Tips Persiapan Berkendara dengan Mobil Ketika Hujan

asuransi kendaraan MSIG Online

BUMN Indonesia – Hujan sudah mulai turun, nih! Pastikan selalu berkendara dengan aman dan nyaman selama musim hujan agar selamat sampai tujuan. Terkadang, beberapa ruas jalan digenangi air dan menyebabkan banjir yang kemungkinan bisa membuat mesin menjadi mati. Wah, kalau begini, kamu bisa repot. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, kamu juga harus memiliki asuransi kendaraan MSIG Online sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ketika berkendara pada musim hujan. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar berkendara pada musim hujan menjadi aman dan nyaman. Apa saja? Yuk, kita simak bersama!

asuransi kendaraan MSIG Online

1. Cek Keausan Telapak Ban Mobil

Kamu harus cek keausan telapak ban mobil. Masih dalam atau tidaknya alur ban bisa dilihat melalui Thread Wear Indicator (TWI). Jika alur telapak pada mobil kamu sudah mengenai TWI, ini akan menyulitkan kamu ketika akan mengemudi di jalan yang licin.

2. Periksa Tekanan Angin Ban

Setelah mengecek keausan telapak ban mobil, kamu juga harus cek tekanan angin pada ban. Sesuaikan tekanan angin pada ban sesuai dengan standar sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik diberbagai medan jalan.

3. Mengecek Rem

Selain ban, kamu juga harus mengecek bagian rem, apakah rem pada mobil kamu berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, periksa juga kampas rem dan minyak rem di dalam tabung. Jangan lupa menengok ke bawah mobil, apakah ada saluran rem yang menetes atau bocor.

4. Cek Aki Mobil

Pada saat musim hujan, sistem kelistrikan mobil akan bekerja lebih keras karena seluruh perangkat listrik beroperasi waktu hujan. Maka dari itu, kamu tidak boleh melupakan untuk memeriksa kondisi aki mobil dan pengisian alternator untuk menjaga kinerjanya agar tetap baik.

5. Memeriksa Kondisi Wiper

Ketika hujan turun, salah satu bagian penting pada mobil adalah wiper. Pastikan juga kondisi wiper termasuk washer pembersih kaca serta gagang dan motor penggeraknya. Jika kamu salah satu yang memiliki mobil dengan wiper belakang, jangan lupa juga dicek kondsinya. Periksa air pembersih kaca, jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

6. Perhatikan Penerangan pada Mobil

Bagian ini juga merupakan hal yang paling penting untuk di cek kondisinya. Mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang guna memastika tidak ada yang mati.

7. Sistem Kemudi dan Suspensi

Nah, kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspense juga tidak boleh luput untuk di periksa agar performa mobil kamu di jalan basah semakin optimal.

Tidak melulu mengecek mobil, sebagai pengendara kamu juga harus memastikan keselamatan untuk diri sendiri seperti memiliki asuransi kendaraan untuk mobil kamu serta sediakan payung di dalam kendaraan. Semoga dengan artikel ini, performa mobil kamu semakin optimal untuk berjalan di jalan licin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.